AJUKAN 10 M CAIR 800 JUTA, DISTARKIM PURWAKARTA : CUMA BISA 40 PJU KARAKTER

Purwakarta – Realisasi anggaran untuk penambahan penerangan jalan umum (PJU) karakter khas Purwakarta hanya Rp800 juta dari pengajuan sebesar Rp10 miliar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pertamanan dan PJU pada Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta, Kosasih. Menurutnya, anggaran Rp800 juta hanya cukup untuk 40 tiang melanjutkan penambahan PJU karakter khas Purwakarta bersimbol kujang dan dua lingkungan yang menyimbolkan pariwisata di sepanjang jalan Sadang-Cikampek. 

“Ingin menyelesaikan PJU Karakter. Tapi hanya dikabulkan senilai Rp800 juta dari usulan Rp10 miliar.  Perkiraan anggaran segitu hanya cukup untuk 40 tiang,” ungkap Kosasih, Senin (27/1/2020). Ia menyatakan, saat ini memelihara kurang lebih sekitar 3.300 unit PJU dan sekitar 700 unit yang kondisinya tengah diperbaiki dengan anggaran 200 juta.  “Kalau ada PJU di wilayah yang tidak terjangkau kita butuh saran dari masyarakat untuk perbaikannya, supaya cepat ditangani,” kata dia.

Menurutnya, untuk melakukan pemeliharaan pihaknya menerapkan stok lampu dan rangkaian komponen PJU lainnya. Sehingga PJU dalam kondisi menyala dan baik. Sementara, untuk daerah pesisir PJU tersebar di sekitar kota dan desa, hanya saja pembangunan menyesuaikan proposal dari masyarakat.  “Contohnya ada pengajuan.  Ada tiang listrik nggak di sana terus dilakukan survei apakah layak di pasang PJU atau tidak. Kalau udah ada tiang tinggal kita tambah stan dan lampu,” kata dia. (ay/fath)

error: