BARU DIRESMIKAN, PELABUHAN PATIMBAN LANGSUNG BUKA KERAN EKSPOR

Subang – Pemerintah melakukan peresmian alias soft launching Pelabuhan Internasional Patimban. Per 20 Desember 2020, pelabuhan yang terletak di Subang, Jawa Barat telah berjalan perdana operasionalnya.

Peresmian dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Dalam sambutannya Jokowi mengatakan pelabuhan ini bisa mendorong peningkatan ekonomi Jawa Barat.

Jokowi mengatakan Pelabuhan Patimban akan memperkuat posisi Pelabuhan Tanjung Priok yang disebut makin padat.

“Pelabuhan ini memiliki peran penting dan strategis dalam upaya peningkatan ekonomi Jawa Barat dan juga memperkuat posisi Tanjung Priok yang kini makin padat,” kata Jokowi, Minggu (20/12/2020).

“Dengan mengucapkan bismillah saya nyatakan Pelabuhan Patimban siap dan bisa digunakan,” ujarnya.

Adapun hari ini Pelabuhan Patimban akan melaksanakan ekspor perdana. Barang yang diekspor adalah 140 unit mobil ke Brunei Darussalam.

Sementara itu, Budi Karya mengatakan Pelabuhan Patimban akan disinergikan operasionalnya dengan Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta. Hal ini dilakukan untuk mendorong efisiensi biaya dan waktu pengiriman logistik.

“Ke depan ini (Pelabuhan Patimban) akan disinergikan dengan Tanjung Priok sehingga bisa mendorong efisiensi waktu dan biaya logostik dan efisiensi waktu dan biaya,” sebut Budi Karya.

Ratusan mobil yang diekspor hari ini dikirim menggunakan Kapal MV. Suzuka Express yang berbendera Panama. Kapal ini dimiliki PT Toyofuji Shipping Co.,Ltd dan akan mengeskpor mobil untuk tujuan Brunei Darussalam.

Kapal itu memiliki berat GT. 43.810, length 180 m, beam 30 m, draught 7.7 m. Kapal juga memiliki speed (heading) 14.6 Knots.

(can/dtk)

error: