BESOK CEK REKENING! PEMERINTAH TRANSFER RP. 600 RIBU KE PEGAWAI GAJI 5 JUTA

Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memberikan titik terang jadwal pencairan bantuan langsung tunai Rp600.000 kepada karyawan yang memiliki upah di bawah Rp5 juta. Menurut menteri, bantuan cair pada Kamis (27/8).

“Insya Allah diagendakan launching bantuan pemerintah berupa subsidi gaji atau upah, besok (Kamis, 27 Agustus 2020) oleh Presiden RI,” kata Ida dalam rapat bersama Komisi IX DPR, yang disiarkan secara virtual, Rabu (26/8).

Namun, bantuan tersebut tidak akan langsung dikirim pada semua penerima dalam tahap pertama. Sebab, BPJS Ketenagakerjaan baru menyetorkan 2,5 juta data calon penerima bantuan dari total 15,7 juta penerima bantuan yang ditargetkan per 24 Agustus 2020.

Saat ini Kementerian Ketenagakerjaan tengah menyiapkan administrasi untuk memproses transfer bantuan tahap pertama untuk 2,5 juta penerima.

“Mudah-mudahan seluruh proses ini berjalan sesuai yang direncanakan. Kami rencanakan akhir Agustus ini tahap pertama. Sekurang-kurangnya 2,5 juta per batch per Minggu akan kami lakukan,” papar Ida.

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan batal mencairkan bantuan langsung tunai bagi pekerja bergaji di bawah Rp5 juta, pada Selasa, (25/8). Kilahnya, butuh waktu untuk melakukan validasi.

Kemenaker telah memegang 2,5 juta rekening calon penerima bantuan sosial (bansos) tersebut dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek. Proses validasi ditargetkan selesai sekitar empat hari.

BLT bagi pekerja bergaji di bawah Rp5 juta bakal dilaksanakan selama empat bulan dan dicairkan setiap dua bulan sekali. Setiap penerima akan mendapatkan Rp600.000 per bulan. (can)

error: