CORONA ANCAM BISNIS PERHOTELAN AMBRUK

Jawa Barat – Semakin masifnya penyebaran virus Corona (Covid 19) mulai menghantam bisnis perhotelan di Jawa Barat. Hotel-hotel tersebut makin sepi pengunjung, karena masyarakat enggan melakukan perjalanan akibat khawatir invasi virus, yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya itu. Kampanye penggunan masker serta jaminan adanya hand sanitizer disetiap lobby hotel, juga tidak terlalu berdampak mendongkrak tingkat okupansi pengunjung.

Chrisantus Louis – Manager Marketing Hotel Harper Purwakarta pada tim liputan Jumat siang (20/03/2020) mengatakan, grafik menurunnya tingkat okupansi atau tingkat kedatangan tamu di hotel bintang empat ini terasa, sejak awal Maret. Pihaknyapun berupaya sekuat tenaga untuk mendongkrak kembali tingkat okupansi hotel dengan mengeluarkan berbagai promo.

“Penurunan okupansi rata-rata di angka 10%. Untuk thermo-gun dan hand sanitizer kita ready. Promo seperti yang sudah disebar ada Work From Harper Purwakarta yang harganya Cuma 500 ribu per malam, harga lebih murah dibanding harga normal”

Superior Room Hotel Harper Purwakarta (foto:istimewa)

Kondisi tidak lebih baik juga dialami Citra Inn Hotel, salah hotel bintang tiga yang berada di Cikarang Bekasi. Hotel yang lebih banyak  menerima tamu wisatawan asal Jepang itu, bahkan sampai melakukan efisiensi dengan meliburkan karyawannya selama tiga hari bergantian. Menurut General Manager Citra Inn – Yusuf Suroto, kebijakan itu terpaksa dilakukan untuk menekan cost atau pengeluaran hotel.

“Dampak wabah virus covid 19 ini memang sangat memukul sektor perhotelan. Apalagi semua tamu asal Jepang saat ini pulang semua ke negaranya. Padahal Mereka adalah aset kami untuk menjadi tamu“, katanya.

“Untuk menyelamatkan eksistensi hotel, maka managemen berusaha melakukan yang terbaik agar kami bisa tetap beroperasi“ imbuhnya.

Salah satu kamar Citra Inn Hotel. (foto:istimewa)

Sementara itu, pada periode bulan yang sama tahun lalu, jumlah tamu Citra Inn mampu menembus angka 120 tamu per hari. Sedangkan saat ini atau dibulan yang sama, jumlah tamu kurang dari dua puluh orang setiap harinya.

Jawa Barat menjadi kawasan Pandemi Corona karena jumlah korban meninggal dan orang dalam pengawasan juga cenderung meningkat. (ron/fath)

error: