DIGEMPUR PANDEMI, PEMKAB PURWAKARTA FASILITASI UMKM

Purwakarta – Pemkab Purwakarta memiliki strategi sendiri untuk mempromosikan produk UMKM agar lebih dikenal masyarakat luas. Strategi itu adalah menyajikan produk UMKM lokal menjadi makanan atau camilan tamu kedinasan, baik secara internal saat rapat, maupun secara eksternal saat menerima tamu dari luar selain dalam bentuk promosi yang dilakukan secara masif.

“Upaya lain dari kami dalam memasarkan produk-produk UMKM yaitu salah satunya bekerja sama dengan perusahaan minimarket serta galeri ataupun outlet oleh-oleh,” ungkap Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Selasa (19/1/2021). Selain itu, pelaku UMKM juga diarahkan untuk memanfaatkan aplikasi perdagangan elektronik (e-commerce) lokal bernama Toko Purwakarta (Topur).

Saat ini lebih dari 28 produk UMKM lokal yang telah dipasarkan di minimarket ataupun pusat oleh-oleh lainnya di Purwakarta, di antaranya di outlet Galeri Menong. “Fokus kami ke depan lebih pada upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi. Khususnya mereka yang selama ini bergelut di sektor UMKM yang selama ini menjadi urat nadi perekonomian masyarakat,” ujar Anne. Ia mengatakan, sejauh ini pihaknya terus memberi dukungan supaya mereka bisa kembali bangkit. Termasuk, memberikan stimulus modal usaha bagi mereka. “Ada tiga syarat utama yang harus diperhatikan untuk pengembangan produk UMKM ini. Yakni kualitas produk, kuantitas produksi dan pengemasan,” kata Anne.

(can/ayp)

error: