E-DABU BPJS KESEHATAN DI PURWAKARTA BERMASALAH

Purwakarta – Aplikasi yang diluncurkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS) Kesehatan ini, dikeluhkan para pengusaha di Purwakarta Jawa Barat. Keluhan yang muncul diantaranya karena akses masuk ke aplikasi yang sulit,hingga ketentuan pencantuman nomer handphone serta surat elektronik atau email pekerja yang telah keluar dari perusahaan,untuk menonaktifkan keanggotaan karyawan yang sudah keluar dan tidak lagi menjadi tanggungan perusahaan.

Kewajiban mencantumkan email pekerja inilah yang menjadi keluhan terbesar para pengguna aplikasi. permintaan email milik para pekerja yang keluar dari perusahaan, menjadi kendala utama karena tidak semua para pekerja memiliki surat elektronik atau email. Kondisi ini akan menjadi lebih rumit, saat pekerja tersebut tidak lagi berhubungan dengan perusahaan.

Jika ini terjadi maka data pekerja yang sudah keluar dan tidak menjadi tanggungan perusahaan tersebut, dikhawatirkan tidak akan bisa terhapus dan secara tekhnis tetap terdaftar dan menjadi tanggungan perusahaan tersebut. Pengusahapun terancam membayar denda karena data pekerja masih tercatat dan tidak berhasil dinonaktifkan.

Terkait dengan kondisi ini,tim liputan mencoba mengklarifikasi masalah ini ke ADIWAN QODAR – Kepala Cabang BPJS Purwakarta,setelah sebelumnya menghubungi salah seorang Relationship Officernya.  Namun saat didatangi ke kantornya, salah seorang staff mengatakan, ADIWAN  ada acara  di Dinas Kesehatan Purwakarta.

Sebaliknya staff BPJS malah meminta agar tim liputan mengajukan surat permohonan pertemuan secara tertulis lebih dulu, agar bisa menemui atasannya .Padahal  hal ini bertentangan dan menabrak  2 Undang-Undang sekaligus, Undang-Nndang nomer 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, khususnya pasal 3 secara keseluruhan / dan undang undang nomer 40  tahun 1999 tentang pers.

Namun yang lebih penting lagi adalah,sudah seharusnya pihak BPJS Kesehatan Purwakarta memberikan penjelasan secara terbuka terkait kendala yang terjadi,mengingat aplikasi ini baru diluncurkaan pertengahan Agustus tahun lalu dan diperbarui pada Oktober di tahun yang sama. (fath)

error: