GAGAL TERUS PRAKERJA? LAPOR SAJA KE KEMENSOS, ASAL…

Jakarta – Besarnya harapan masyarakat agar Pengelola Prakerja menyediakan gelombang seleksi tambahan, salah satunya karena masih banyak yang belum juga lolos gelombang seleksi. 

Banyak orang mengeluhkan masih gagal mendapatkan Kartu Prakerja, kendati sudah mendaftar sejak gelombang 1 di kolom komentar di Instagram resmi prakerja.go.id, Minggu (28/3/2021).

“Siapa disini yang nasibnya sama, dari gelombang 1 sampai sekarang belum lolos?” tulis akun alexarnord95. 

“Dari 1 sampe 15 gapernah lolos,” tulis akun itsfitriaa.a. 

Melalui Instagram @prakerja.go.id, Sabtu (27/3/2021), Pengelola Prakerja memberikan penjelasan alasan seseorang gagal terdaftar sebagai penerima Kartu Prakerja. 

Lolos atau tidaknya seseorang sebagai penerima Prakerja, salah satunya disebabkan ada atau tidaknya anggota keluarga yang sudah terdaftar sebagai penerima bansos (bantuan sosial). 

Bansos tersebut di antaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST), atau Kartu Indonesia Sehat (KIS). Apabila ada anggota keluarga dari pendaftar yang telah menerima program bansos, maka dipastikan tidak dapat menjadi peserta program Kartu Prakerja. 

Namun, jika anggota keluarga tidak pernah menjadi penerima bansos-bansos tersebut dan tetap gagal mendaftar Prakerja, pendaftar dapat melapor melalui jalur yang telah disediakan. 

“Sampaikan keluhanmu di www.lapor.go.id atau di nomor hotline WhatsApp Kemensos di 0811-10-222-10 agar diubah statusmu,” tulis Pengelola Prakerja.

Sementara itu, baru-baru ini panitia memperbarui tampilan di halaman akun Kartu Prakerja.

Di halaman dashboard akun Kartu Prakerja, kamu tidak hanya bisa melihat status kamu lolos atau tidak menjadi penerima kartu Prakerja.

Tapi juga bisa melihat keterangan atau alasan dari masing-masing status tersebut.

Ini ditampilkan di kolom riwayat gelombang di halaman dashboard akun Kartu Prakerja.

Bagi yang gagal lolos seleksi gelombang, kamu juga akan melihat alasan atau penyebab kamu belum berhasil menjadi penerima Kartu Prakerja.

Satu di antaranya tertulis karena status NIK terdaftar di Kementerian Sosial (Data Penerima Bantuan Sosial).

Untuk pemerataan, masyarakat yang sudah menerima bantuan sosial dari Kemensos (DTKS), Bantuan Subsidi Upah (BSU) dan Bantuan Produktif Usaha Mikro (B PUM) tidak bisa lagi menjadi penerima Kartu Prakerja.

Itu artinya, jika tetap mendaftar Kartu Prakerja, kamu tetap tidak akan lolos seleksi.

Jika kamu merasa tak pernah mendapatkan Bansos, kamu bisa mengeceknya sendiri melalui laman dtks.kemensos.go.id.

error: