HUJAN TURUN, PDAM PURWAKARTA : PASOKAN AIR MALAH TAK MAKSIMAL

Purwakarta – Direktur Keuangan dan Administrasi Gapura Tirta Rahayu PDAM Purwakarta, Kusman menyebut pasokan air hingga saat ini belum maksimal meski telah memasuki musim penghujan. Belum maksimalnya pasokan dari sumber mata air yang ada menjadi faktor utama penyebab air yang masuk ke PDAM masih di bawah standar.

“Iya, memang belum normal pasokan air walau pun telah memasuki musim hujan,” ungkap dia pada acara kerja sama Cash Managemen PT Bank BCA dengan Gapura Tirta Rahayu PDAM Purwakarta, di Kantor Bank BCA Purwakarta, Senin (16/12/2019).

Ia merinci, sumber mata air dari Cigoong saat ini 22 liter dari 80 liter perdetik, Cilembang Sari dari normalnya 160 liter saat ini 82 liter perdetik sementara di sumber mata air Jatiluhur dari 160 sekarang 120 liter perdetik untuk daerah perkotaan.

“Dari 32 ribu terpasang yang aktif 22 ribu dengan produksi normal 420 liter perdetik. Pendapatan rata 2, 3 miliar perbulan,” kata dia. Selain itu, Gapura Tirta Rahayu PDAM Purwakarta tengah membidik sumber mata air lain di wilayah Kabupaten Purwakarta. Mempertahankan sumber air yang ada juga menjadi program pihaknya pada 2020 mendatang.

“Sekarang penambahan dari sumber air dari Spam baru di Kampung Sadang, di sana kita mendapat 340 liter air perdetik,” kata dia. (ay/fath)

error: