JOGJA BAKAL PUNYA UNDERPASS TERPANJANG DI INDONESIA

  • Underpass ini merupakan bagian dari pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang sedang dikebut pembangunannya
  • Underpass (jalan bawah tanah) ini akan menjadi yang terpanjang di Indonesia, yakni underpass yang akan terhubung ke bandara baru tersebut, yakni sepanjang 1.305 meter.
  • Dirjen Bina Marga menyatakan akan mengusung kearifan lokal sepanjang ruas underpass, seperti ornamen batik khas Yogyakarta di sisi kiri dan kanan underpass tersebut.

Kabar gembira datang dari Yogyakarta. Selain New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang sedang dikebut pembangunannya, propinsi ini juga akan mempunyai underpass (jalan bawah tanah) yang akan menjadi yang terpanjang di Indonesia, yakni underpass yang akan terhubung ke bandara baru tersebut, yakni sepanjang 1.305 meter.

Proyek underpass ini dibangun tepat di bawah bandara NYIA yang direncanakan rampung Desember 2019 mendatang. Selain itu direncanakan underpass ini masuk di ruas Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Dimana menghubungkan Purwokerto dan Yogyakarta.

Dirjen Bina Marga menyatakan akan mengusung kearifan lokal sepanjang ruas underpass, seperti ornamen batik khas Yogyakarta di sisi kiri dan kanan underpass tersebut.

Proses pembebasan lahan masih terus berlanjut. Pemda DIY menyiapkan anggaran sebesar Rp30 miliar untuk membebaskan lahan yang akan dipakai terowongan itu. “Pembebasan lahan sudah sesuai jadwal saat ini masih berproses. Kami menyiapkan anggaran antara Rp25 miliar hingga Rp30 miliar lah kira-kira untuk pembebasan lahan ini,” terangnya. (hj/chn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: