KALAU MENANG TERUS, HARGA DOMBA GARUT BISA RATUSAN JUTA

Seni ketangkasan domba Garut di Pamidangan Sumur Bandung, Dusun Parung, Desa Balokang, Kecamatan/Kota Banjar. Harga penjualan domba Garut langsung meroket setelah menjadi juara lomba.

Minat masyarakat yang memelihara domba garut di Kota Banjar kian bertambah. Kondisi itu dipengaruhi harga jual domba garut yang lebih mahal dibanding domba sayur.

Menurut Ketua Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Kota Banjar, Pendy S, Minggu 17 Maret 2019, peternak domba sayur, sekarang banyak yang memelihara domba garut. Mereka sudah mengetahui, sekarang domba garut makin diminati masyarakat.

“Bisa dicek langsung ke sejumlah peternak domba sayur. Dipastikan mereka juga memelihara domba garut. Keuntungan yang didapat dengan menjual domba garut cukup besar. Jadi prospeknya lebih baik,” ujar Pendy.

Dijelaskan dia, harga penjualan domba garut yang berusia 4 bulan, saat ini berkisar Rp 5 jutaan. “Jika ditotalkan populasi domba garut di Kota Banjar selama ini terdata sekitar 150 ekor domba Garut. Tahun sebelumnya itu hanya puluhan ekor domba garut,” tutur Pendy.

Lebih lanjut dia mengatakan memelihara domba Garut itu mempunyai prospek yang menggiurkan di masa mendatang. “Domba yang seringkali mengikuti ketangkasan domba dan menjadi juara, secara otomatis harga jual domba melonjak. Sebelumnya hanya Rp 10 juta, harganya bisa langsung meroket sampai puluhan juta atau ratusan juta,” ungkap Pendy. (pr/dn)

error: