KIA LAUNCHING AKHIR TAHUN DI PURWAKARTA, TAPI..

Purwakarta – Pemkab Purwakarta segera melaunching Kartu Identitas Anak (KIA) pada pertengahan Desember 2019. Namun, menjelang peluncuran KIA itu, Disdukcapil Purwakarta masih terkendala keterbatasan perangkat keras mesin pencetak.

“Target pencetakan KIA (pada Desember 2019) sekitar 300.000 keping untuk anak usia di bawah 17 tahun. Namun jumlah tersebut merupakan data kasar yang belum diverifikasi kembali,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta Sulaeman Wilman, Kamis (24/10/2019).

Menurut dia, peluncuran kartu identitas tersebut sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2/2016 tentang Kartu Identitas Anak.

“Peluncuran KIA bersifat wajib karena seluruh kabupaten dan kota di Indonesia tahun 2020 harus terealisasi. Kalau belum akan kena sanksi dari pusat. Kendalanya sih di peralatan, kalau prasarananya sudah lengkap blangkonya sudah ada, kami tinggal cetak saja,” ujar dia.

Sulaeman menuturkan, saat ini Disdukcapil Purwakarta telah melakukan pengadaan printer berjenis evolis khusus untuk percetakan KIA.

“Target kami sudah punya blangko sekitar 47.000 blangko mudah–mudahan cukup. Karena tidak tergantung blanko dari pusat khusus KIA,” tutur Sulaeman seperti dilansir sindo.

Dia mengungkapkan, terdapat beberapa keuntungan bagi anak yang memiliki KIA. “Di antaranya, (anak pemilik KIA) akan mendapat diskon dengan penyedia jasa anak yang telah bekerja sama. Hal itu tentu perlu ada dorongan dari pihak eksekutif (Pemkab Purwakarta),” ungkap Kadisdukcapil. (sin/fath)

error: