KOTA BANDUNG DAN KOTA WROCLAW BENTUK SISTER CITY, KAKAK-BERADIK?

Polandia – Delegasi Pemerintah Kota Bandung dipimpin Wakil Walikota Yana Mulyana berkunjung ke kota Wroclaw, Polandia, dalam rangka menindaklanjuti pembentukan Sister City (Kota Kembar) didampingi antara lain Dinas Pendidikan, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Perdagangan dan Perindustrian, serta Dinas Kesehatan.

Seperti dilansir Antara, KBRI Warsawa dalam keterangan pers, Kamis menyebutkan dalam kunjungan ke kota Wroclaw, delegasi didampingi Duta Besar RI untuk Polandia, Siti Nugraha Mauludiah.

Menurut Dubes, mekanisme Sister City adalah sebagai salah satu mekanisme yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong kerja sama antara Pemerintah Daerah dengan mitra mereka di luar negeri.

Menurutnya Bandung dan Wroclaw memiliki modalitas utama dalam pengembangan kerja sama, yakni kesamaan dalam beberapa hal, antara lain: kekayaan budaya, sektor ekonomi industri, otomotif, farmasi, teknologi informasi dan komunikasi, industri kreatif, pariwisata dan sektor pendidikan tinggi.

Pada pertemuan di Kantor Walikota Wroclaw, Wakil Walikota Bandung memaparkan sekilas profil Kota Bandung dan potensi kerja sama yang dimiliki. Beberapa hal yang digaris-bawahi adalah Kota Bandung memiliki akar sejarah yang kuat, sumber daya manusia yang berlimpah yang penuh dengan inovasi dan kreativitas.

Dari Pemerintah Wroclaw, dipaparkan juga potensi kerja sama yang dimiliki, peluang investasi di kota tersebut dan mekanisme kemitraan antara industri dengan komunitas untuk memastikan perkembangan industri dapat bermanfaat langsung bagi komunitas di sekitarnya.

Diakhir pertemuan, kedua Wakil Walikota saling bertukar cendramata, dan Wakil Walikota Wroclow, Jakub Mazur didaulat menjadi salah satu fan atau bobotoh PERSIB Bandung dengan pemberian jersey khas Persib kepada yang bersangkutan. Hal ini sekaligus menjadi simbol peluang kerja sama di sektor kepemudaan dan olahraga antara kedua Pemerintah Kota.

Selama kunjungan ke Wroclaw, baru-baru ini delegasi didampingi wakil dari Kementerian Dalam Negeri, Prof. Ermaya melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Wroclaw, pengusaha dan pengurus KADIN Propinsi Lower Silesia, Wakil Walikota Wroklaw dan berkunjung ke Wroclaw Technology Park.

Sebagai tindaklanjut pertemuan, kedua belah pihak menyepakati pembahasan naskah Letter of Intent (LoI) pada working level untuk ditandatangani pada kesempatan pertama oleh kedua pejabat tinggi dari masing-masing Pemerintah Kota. (ant/fath)

error: