KPU KABUPATEN BEKASI GELAR BIMTEK TUNGSURA

Proses pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu Serentak 2019 harus dipahami oleh para penyelenggara pemilu secara cermat dan teliti. Hal ini disampaikan oleh Komisioner KPU Jawa Barat, Undang Suryatna saat memberikan bimbingan teknis (bimtek) pemungutan dan perhitungan suara (tungsura) yang diselenggarakan KPU Kabupaten Bekasi di Puri Athalia Bogor, Kamis (14/3).

“Suksesnya pemilu dimulai dari TPS karenanya kita harus memastikan para KPPS bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan benar sesuai aturan,” jelasanya.

Undang menambahkan bahwa Pemilu 2019 dengan lima surat suara perlu ketelitian dan keakuratan dalam pengisian formulir C1 sebagai basis rekapitulasi suara yang dilakukan secara berjenjang mulai dari kecamatan hingga tingkat nasional. Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Bekasi, Abdul Harits mengatakan bimtek diikuti oleh seluruh anggota PPK dari 23 kecamatan.

“Tujuan dari bimtek ini agar semua anggota PPK bisa memahami secara teknis proses pemungutan suara dari TPS hingga rekapitulasi di tingkat kecamatan,” ujarnya.

Harits mengatakan selanjutnya bimtek tungsura akan dilakukan secara berkesinambungan sampai ke tingkat KPPS yang menjadi ujung tombak penyelenggara pemilu. Bimtek yang dikemas dalam bentuk kegiatan simulasi tungsura dan praktek pengisian form C1 juga dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin dan Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi, Saiful Bachri. (dk/dn)

error: