LIBURAN, JABAR SIAPKAN 65 RIBU RAPID TEST ANTIGEN

Bandung – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggelar pengetesan masif dengan rapid test antigen bagi wisawatan. Tujuannya untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum usai memimpin Rapat Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah di Mapolda Jabar, Selasa (22/12/2020).

Dia menyebutkan, pengetesan akan dilakukan di pintu-pintu masuk menuju Jabar.

“Jelang libur Natal dan Tahun Baru, kami akan melakukan operasi di pintu masuk Jawa Barat, dan kami akan menyiapkan rapid test antigen,” Kata Uu.

“Kalau ada yang positif, kami akan kembalikan ke daerah asal,” jelasnya.   Untuk melangsungkan tes masif tersebut, Pemprov Jabar akan menyiapkan sebanyak 65.000 rapid test antigen.

Rinciannya, sebanyak 40.000 rapid test antigen berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sementara 25.000 sisanya berasal dari pengadaan Belanja Tak Terduga (BTT).

Oleh karenanya, Uu mengimbau agar masyarakat dapat mempertimbangkan kembali urgensi kunjungan masing-masing ke Jabar. Wisatawan yang kedapatan positif dalam tes masif akan diminta kembali pulang ke daerah asal.

“Makanya daripada dikembalikan, mending enggak ke Jabar lah. Nanti di beberapa titik akan ditentukan teknisnya, apakah di tol. Karena kalau kedapatan positif akan kita suruh balik lagi,” ungkapnya. Selain itu, Pemprov Jabar juga melarang perayaan Tahun Baru 2021 yang dapat menyebabkan kerumunan. Larangan tersebut berlaku untuk perayaan di dalam maupun luar ruangan. 

(can/pr)

error: