OLIMPIADE SAINS NASIONAL BENTUK GENERASI KREATIF DAN KOMUNIKATIF

Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta melalui Bidang Pendidikan Dasar menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten Purwakarta di SMPN 1 Purwakarta, Sabtu (16/3).

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta H Purwanto. Dalam sambutannya, Kadisdik mengatakan, OSN merupakan momentum bagi sekolah dalam melakukan pengukuran mutu pembelajaran.

“Pelaksanaan OSN secara berkelanjutan harus berdampak positif pada peningkatan pembelajaran dan mutu pendidikan sehingga siswa memiliki daya juang yang tinggi, kompetitif dan inovatif,” ujar Kadisdik yang akrab disapa Ipung ini.

Pada kegiatan yang dihadiri para UPTD Pendidikan Kecamatan se-Kabupaten Purwakarta, para pengawas, para kepala SMP dan SD se-Kabupaten Purwakarta tersebut, Ipung berharap melalui OSN dapat terbentuk generasi yang berprestasi. “Juga generasi yang kreatif, komunikatif dan kolaboratif,” ucapnya.

Senada disampaikan Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Disdik Kabupaten Purwakarta Dede Supendi. Dijelaskannya, jumlah peserta OSN SD sebanyak 102 orang terbagi ke dalam dua pelajaran Matematika dan IPA. “Para pesertanya merupakan juara 1-3 OSN tingkat kecamatan,” kata Dede.

Sementara jumlah peserta tingkat SMP, sambungnya, sebanyak 273 orang peserta terbagi ke dalam mata pelajaran Matematika, IPA dan IPS. “Para juara 1 tiap mata lomba nanti akan menjadi wakil Kabupaten Purwakarta pada OSN Tingkat Provinsi Jawa Barat,” ucapnya. (pe/dn)

error: