PERMINTAAN BELUM TERPENUHI, WARGA TETAP TUTUP TPA BURANGKENG

Tim 17 bersikeras tetap melanjutkan penutupan TPA Burangkeng sampai ada kesepakatan tertulis berkekuatan hukum antara Pemkab Bekasi dengan Tim 17.

Itu adalah salah satu kesimpulan rapat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi dengan Tim 17, beserta 15 instansi lain di Ruang Rapat Dinas LH, Cikarang Pusat, Senin (11/3/2019).

“Tim 17 tarik mundur. TPA tetap tutup sampai ada kesepakatan bersama yang mengikat secara hukum,” ucap salah satu perwakilan Tim 17 yang ikut rapat Tridjoko Siamtoro.

Selain itu, ada 3 kesimpulan lain pada rapat itu, yakni (1) usulan warga sudah diterima oleh peserta rapat dan SKPD yang hadir, (2) Tim 17 sanggup hadir kembali apabila ada undangan, dan (3) usulan aspirasi warga akan disampaikan kepada pelaksana tugas bupati Bekasi untuk diambil tindak lanjut.

Hingga hari ini, sudah sepekan TPA tidak beroperasi. Pada rapat tanggal 6 Maret 2019, Pemkab sebenarnya sudah menginstruksikan warga membuka TPA, namun itu tidak digubris oleh warga.

Setidaknya ada 10 truk yang tepergok warga hendak membuang sampah ke TPA Burangkeng. Dengan rincian, 4 truk pada hari Rabu (6/3/2019), 1 truk pada Kamis (7/3/2019), dan 5 truk pada Jumat (8/3/2019). Dari 5 truk itu, 2 sempat ditahan di kantor desa, dan 3 lainnya meloloskan diri.

Warga masih berjaga secara bergiliran untuk mengantisipasi truk sampah memasuki area TPA secara sembunyi-sembunyi, terutama pada malam hari. (pj/cn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: