PURWAKARTA BEBERKAN KLASTER PENYEBARAN COVID-19

Purwakarta – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengaku jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 37 orang merupakan jumlah tertinggi semenjak virus tersebut merebak di Indonesia maupun Purwakarta.

“Kami sangat khawatir dengan kondisi ini. Perlu ada langkah penanganan preventif untuk memutus mata rantai penyebaran,” ujar dia, Jumat (14/8/2020).

Ia menjelaskan, dari 37 terkonfirmasi positif ada di beberapa lokasi, pertama dari klaster salah satu desa di Kecamatan Wanayasa.

“Saat ini diantisipasi warganya khususnya di tempat terkonfirmasi positif sudah diisolasi, dan disiapkan juga sembako untuk memenuhi kebutuhan selama diisolasi,” kata Anne.

Kemudian yang kedua adalah klaster dari salah satu perusahaan di Kecamatan Jatiluhur sebanyak enam orang. Ada juga klaster dari tenaga kesehatan di dua Puskesmas masing-masing enam orang. Ada juga klaster perusahaan di Bungursari yang positif lumayan banyak pula.

“Secara komulatif dari awal hingga saat ini ada sebanyak 98 orang terkonfirmasi positif,” ujar dia Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi perjuangan para tenaga medis yang sanggup bekerja 24 jam sehari.

Warga diminta tetap menjalankan anjuran pemerintah dan menerapkan protokol kesehatan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami mohon warga ringankan pekerjaan dokter dan perawat kita. Karena mereka bekerja 24 jam. Jangan sampai mereka yang sebagai benteng pertahanan kita juga terkena. Nanti siapa yang akan merawat juga mengobati warga yang sakit,” ucap dia. (can/ve)

error: