PURWAKARTA LAUNCHING MOBIL UMKM

Purwakarta – Pemkab Purwakarta meluncurkan Mobil Promosi UMKM di Galeri Menong Jalan RE Martadinata, Purwakarta, Selasa (26/1/2021) Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, mobil ini merupakan media promosi produk-produk UMKM Purwakarta, sebagai upaya mencari solusi dalam upaya pemulihan perekonomian warga di tengah masa pandemi Covid-19.

“Produk-produk tetap harus sampai ke pasar dan konsumen. Jadi, promosinya dilakukan secara mobile menggunakan mobil UMKM ini. Semoga menjadi solusi walau tak maksimal untuk penjualan tapi untuk pemasaran,” ujar dia.

Adapun teknis penggunaan mobil UMKM ini, kata dia, pengelolaannya diserahkan kepada para pelaku usaha seperti halnya Galeri Menong. “Nanti mobil UMKM ini boleh ada di titik-titik strategis mulai rest area hingga tempat yang memang dianggap pas untuk pemasaran dan promosi,” kata Anne.

Kepala DKUPP Purwakarta Karliati Djuanda menambahkan, mobil UMKM yang diluncurkan ini baru satu unit dan rencana ditambah pada tahun selanjutnya. Ia juga menyebut bagi pelaku usaha yang ingin produknya dipasarkan lewat mobil UMKM bisa terlebih dahulu tercatat sebagai UMKM Purwakarta, sehingga nanti akan ada pengaturan masalah penjadwalannya.

“Pelaku usaha ini bisa masuk dulu ke Galeri Menong dan menunjukkan produknya dan kami miliki standarisasi produk yang boleh. Intinya, kami screening dahulu dan melihat kemasan produk tersebut,” ujar Karliati.

Selain itu, Karliati juga mengaku di Purwakarta telah miliki warung online guna menitipkan produknya dan di sana bisa pula menampilkan produk-produk pelaku UMKM. Sejauh ini sudah tercatat ada sebanyak 350 pelaku UMKM di Purwakarta yang telah terstandardisasi kemasannya.

“Produk-produk UMKM kami juga sudah masuk di 28 ritel,” ujar Karliati.

(can/ayp)

error: