REKOR, SUHU PURWAKARTA SIANG INI HAMPIR SENTUH SETENGAH TITIK DIDIH

Purwakarta – Suhu ekstrem melanda Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Rabu siang (23/10/19). Dari pantauan termometer digital handphone tepat pukul 14.00 WIB suhu di Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta hampir menyentuh setengah titik didih, yaitu di angka 40̊ C.

Suhu ekstrem di Bungursari, Purwakarta. (FAMZ Media/Foto:Chandra)

Menurut salah seorang warga Bungursari, Purwakarta bernama Deni Rudye Kusuma (18), suhu sekarang ini terbilang sangat panas dan berbeda jauh dengan hari-hari sebelumnya yang hanya menyentuh angka 36 – 38̊C.

Deni Rudye Kusuma menunjukkan indikator suhu di handphonenya. (FAMZ Media/Foto:Chandra)

“Tuh lihat, pohon sekitar rumah saya sampai batang-batangnya juga ikutan kering. Di hape juga ada tulisan 40 derajat celcius. Ini panas banget!”, ujar Kusuma.

Kusuma menambahkan, kondisi suhu ekstrem ini juga diperparah dengan absennya hujan di kawasan tempat dirinya tinggal. Bahkan saat beberapa daerah di Purwakarta diguyur hujan, daerahnya masih belum terjamah sejuknya air hujan. Hal tersebut membuat suhu semakin panas. Kusuma sendiri mengakalinya dengan selalu menyalakan kipas angin di tiap sudut rumahnya dan menyirami halaman sekitar rumahnya termasuk area yang banyak pohon dan daun kering, demi menghindari kebakaran lahan.

Keringnya lahan di dekat rumah Deni Rudye Kusuma (FAMZ Media/Foto:Chandra)

“Ya kalau gini saya sering sirami bagian yang kering supaya nggak kebakaran, lihat berita di instagram kan sering tuh BIC kebakaran, jadinya was-was sendiri apalagi sampai sekarang belum turun hujan”, tandasnya. (can/dn/fath)

error: