RP 9 TRILIUN PULSA UNTUK PJJ

Jakarta – Pemerintah berencana menggelontorkan anggaran Rp9 triliun untuk subsidi pulsa dan kuota internet bagi siswa, mahasiswa, guru, hingga dosen selama masa pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Alhamdulillah, dana sekitar Rp9 triliun itu sudah diamankan dan sekitar mayoritas daripada itu untuk pulsa siswa, mahasiswa, guru, dan dosen,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, usai rapat kerja dengan Komisi X DPR, Kamis (27/8).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun akan mengucurkan Rp1,7 triliun untuk tunjangan guru dan dosen. “Itu dulu yang bisa saya umumkan untuk dana tambahan,” sambungnya.

Meski demikian, Nadiem belum bisa memastikan kapan kedua anggaran tersebut cair. Dirinya hanya menyatakan, subsidi pulsa dan kuota internet mencukupi kebutuhan PJJ selama empat bulan ke depan.

“(Waktu realisasi) itu masih harus saya update. Nah, apakah akan keluar langsung atau tercicil? Itu nanti,” dalihnya. “Yang terpenting,” sambungnya, “dana itu sudah teramankan untuk empat bulan dan dana itu per siswa sudah dihitung.”

Nadiem juga menerangkan, dana bakal cair setelah terdapat kerangka regulasinya. Namun, dirinya tak menerangkan payung hukumnya.

“Baru kemarin saja disetujui. Jadi, sekarang ini mengejar waktu untuk bisa membantu teman siswa dan mahasiswa kita,” tutupnya. (can/rils)

error: