SATLANTAS PURWAKARTA SERING RAZIA SIANG-MALAM, TANDA MINIMNYA TAAT LALU LINTAS?

Purwakarta – Kesadaran masyarakat Kabupaten Purwakarta untuk mematuhi peraturan lalu lintas masih minim. Para pelanggar lalu lintas yang ditemui sering tak menggunakan helm, sabuk pengaman, dan tidak membawa kelengkapan surat kendaraan.

“Sebagian besar pelanggaran didominasi pengendara roda dua tidak menggunakan helm dan tidak membawa kelengkapan surat kendaraan,” kata Kepala Satlantas Polres Purwakarta AKP Ricky Adi Pratama, Jumat (16/8/2019).

Kasat lalu lintas mengaku, untuk mengupayakan pelanggaran berkurang, pihaknya akan mengintensifkan pemeriksaan kendaraan secara berkala, sehingga diharapkan masyarakat sadar akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas.

Selain itu, tindakan persuasif maupun tindakan prefentif sering kali dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat. Dia menilai masyarakat selama in hanya sadar akan ketertiban berlalu lintas bila dijaga polisi.

“Tapi masih saja belum maksimal, maka tindakan prefentif berupa tindakan langsung dengan tindakan razia pun dilakukan. Pelanggaran tindak menggunakan helm, kelengkapan surat-surat kendaraan, dan tidak memiiki SIM sering kali ditemukan,” ujar dia.

Terkait pelanggaran tak menggunakan helm yang sering ditemukan, pihaknya pun sayangkan. Padahal kesadaran menggunakan helm jelas-jelas demi keselamatan pengendara. Pihaknya pun tak segan menerapkan sanksi kurungan hingga denda agar perilaku buruk di jalan raya itu dapat hilang.

“Rata-rata beralasan, mereka enggan menggunakan helm karena jarak tempuh yang dekat, padahal helm berfungsi untuk melindungi kepala sebagai antisipasi terjadi hal diluar dugaan,” ucap dia. (ay/can)

error: