TOL LAYANG JAKARTA CIKAMPEK II BELUM BISA DIPAKAI MUDIK LEBARAN TAHUN INI

Karawang – Tol Jakarta – Cikampek II (Elevated) dipastikan belum bisa digunakan saat Lebaran 1440 H. Tol layang itu baru bisa dioperasikan September 2019.

“Kami telah menerima rilis dari pihak Jasa Marga mengenai hal tersebut,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karawang, Eka Sanatha, seusai menghadiri acara penandatanganan kerja sama Pemkab Karawang dengan pihak Kejaksaan setempat di Aula Gedung Singaperbangsa, Senin, 1 April 2019.

Menurut Eka, keterlambatan penggunaan tol elevated itu terkait aspek teknis. Jika dipaksakan dipakai saat musim mudik Lebaran dikhawatirkan bakal membahayakan pengguna tol.

Awalnya, lanjut Eka, ada wacana tol layang bakal dipakai secara parsial terlebih dahulu. Namun, akhirnya pihak Jasa Marga dan pihak terkait lainnya sepakat untuk mengoperasikan tol elevated September 2019. “Kami dari Pemkab Karawang tengah memikirkan untuk mengurangi beban di gerbang tol di Karawang Barat,” kata Eka.

Dalam kesempatan itu Eka juga menjelaskan, selain tol elevated, wilayah Karawang juga akan dilintasi ruas tola baru dari Sadang, Purwakarta hingga Jatiasih, Bekasi. Ruas tol itu ditergetkan rampung 2020 mendatang.

Saat ini, kata Eka, pembebasan lahan sudah dilakukan dari Sadang hingga Tamanmekar, Kecamatan Pangkalan, Karawang sepanjang 20 kilometer. Setelah pembebasan lahan akan dilanjutkan dengan pembangunan kontruksi tol.

“Kabupaten Karawang sendiri akan dilintasi tol itu sepanjang 24 kilometer mulai dari perbatasan dengan Kabupaten Bekasi hingga perbatasan Kabupaten Purwakarta,” kata Eka. (krw/dn)

error: