WULING TERLARIS DI DUNIA, TESLA – TOYOTA MEREKA SIAPA YA?

Famz Oto – Mobil listrik terlaris di dunia bukanlah sebuah Tesla apalagi Toyota, namun jatuh kepada brand asal Tiongkok Wuling dengan Hongguang Mini EV. Bahkan di China, mobil ini disebut sebagai Tesla Killer.

Pasalnya Hongguang telah terjual sebanyak 321.031 unit, dan pada gelaran Auto Shanghai 2021, Wuling Hongguang unjuk kebolehan dengan konsep convertible.

Ada banyak perubahan yang dilakukan oleh Wuling dan General Motors terhadap mobil imut ini. Salah satu yang paling terlihat adalah lampu utama depan dan belakang yang kini hadir dalam bentuk video game LED. Hal ini hampir sama dengan lampu utama di Hyundai Ioniq 5. Velg juga kini hadir dalam bentuk moderen dan penuh gaya ketimbang model dengan atap fix.

Begitu juga dengan atap yang tentunya bisa terbuka. Untuk material atap, Wuling justru memilih material kulit agar mobil terlihat eksotis saat atap ditutup.

Di bagian interior perubahan besar juga twerjadi dimana layar ful LED terlihat memanjang dari bagian information display hingga center fascia.

Sayangnya ada kekurangan yang sangat terasa di mobil listrik mungil ini yakni ketiadaan jok penumpang baris kedua. Pasalnya jok baris kedua, yang ada di model lama, kini jadi tempat untuk menyimpan atap yang telah terbuka. Selebihnya mobil ini tetap menggunakan motor listrikyang sama yakni berkekuatan 9.3 kWh dan 13.9 kWh.

Seperti dilansir Autofun, untuk harga Wuling Hongguang MINI EV Convertible akan dijual dengan harga di bawah Rp 100 jutaan, atau setara mulai dari Rp 83 juta hingga Rp 97 jutaan.

(oto/can)

error: